Pengertian Microsoft Excel 2013
Pengertian Microsoft excel adalah program aplikasi lembar kerja spreadsheet yang buat oleh microsoft untuk sistem operasi Windows, MacOS, Andorid dan IOS yang berfungsi untuk mengolah data angka. Microsoft excel mempunyai lebih dari 1000 Fitur dan 100 lebih menu yang dapat kita gunakan untuk mengolah data. agar kita mudah bernavigasi dan familiar dengan tools di excel kita akan berkenalan dengan antarmuka excel terlebih dahulu. tampilan microsoft excel di bawah ini adalah tampilan excel versi 2013
Mengenal Bagian-Bagian Microsoft Excel 2013
Pada tampilan excel 2013 di atas ada beberapa bagian yang perlu dipahami oleh beberapa pengguna excel pemula, untuk mengetahui fungsi dan kegunaan komponen-komponen yang ada pada excel 2013 ini. Untuk lebih jelasnya berikut adalah penjelasan komponen-komponen tersebut.
Quick Acces Toolbar
Area ini adalah untuk menampilkan shorcut cepat untuk menampilkan menu yang sering dipakai. Secara default ada tiga tool yang ada pada area ini yaitu Save, Undo, dan Redo tapi kita bisa menambahkan secara manual untuk area ini seperti Print Preview dan lainnya sesuai dengan kebutuhan.
Ribbon
Ribbon pertama kali diperkenalkan pada Office 2007, fungsinya adalah untuk mengelompokan tools kedalam sebuah menu. dengan tujuan user lebih intuitif dalam menggunakan tool pada excel. sebagai contoh tools yang berkaitan dengan pegolahan data akan di simpan pada tab data, tools yang berkaitan dengan formula akan disimpan pada tab formulas.
Formula Bar
Berfungsi untuk menampilkan, mengedit, menghapus formula (rumus) yang kita tuliskan dalam cell.
Spreadsheet Grid
Area ini adalah lembar kerja utama excel tempat dimana kita dapat menambahkan angka, grafik/chart. area berisi kolom dan baris yang digunakankan sebagai pengalamatan cell, untuk kolom menggunakan huruf dari A-Z untuk baris menggunakan angka. jumlah kolom dan baris pada area ini adalah 1048576 Baris dan 16384 kolom. dengan jumlah kolom dan baris yang banyak ini excel mampu menampung data besar untuk di olah dengan berbagai tools excel dalam dunia Businness Inteligent.
Worksheet
Secara default dalam satu lembar kerja excel ada tiga worksheet yang dapat digunakan untuk mengolah data. dengan nama default sheet1, sheets2, sheet3. maksimum halaman yang bisa kita tambahkan adalah 255 halaman. kita dapat menambahkan menghapus sesuai kebutuhan.
Status Bar
Adalah bar horizontal yan berfungsi untuk menampilkan informasi status data excel. status bar juga menampilkan quick summary dari data yang kita seleksi (sum, average, min, max, Count). Pada samping kanan bawah juga terdapat Slider zoom in dan zoom out untuk mengatur besar kecilnya tampilan halaman kerja excel.
Tidak ada komentar:
Write komentar